Pages

Saturday, August 18, 2018

AS Keberatan dengan Pelemahan Yuan China?

INILAHCOM, New York - Kelemahan yuan China akan menjadi titik fokus selama pembicaraan perdagangan AS-China pada akhir Agustus, karena kedua negara bergulat dengan kejatuhan dari fluktuasi terbaru di pasar mata uang, kata para analis.

Pembicaraan tingkat menengah kemungkinan akan tentang "bagaimana tepatnya mereka akan berurusan dengan RMB (renminbi)," kata Robin Brooks, kepala ekonom di Institut Keuangan Internasional, mengacu pada nama lain untuk yuan seperti mengutip cnbc.com.

Pada Jumat pagi di Asia (17/8/2018), dolar diperdagangkan sekitar 6,89 terhadap yuan China tak jauh dari 7. Level ini adalah tingkat terakhir yang terlihat pada Mei 2008.

Dolar telah menguat sekitar 6 persen terhadap yuan sejak awal tahun, dengan banyak apresiasi yang terjadi dalam dua bulan terakhir.

Mata uang China melemah terhadap greenback karena meningkatnya ketegangan perdagangan serta meningkatnya suku bunga di AS yang menaikkan nilai dolar.

Bank sentral China menetapkan nilai tukar harian untuk yuan berdasarkan harga terakhir dan memungkinkan perdagangan terhadap dolar dalam band 2 persen di atas atau di bawah tingkat itu.

Kelemahan terbaru dalam yuan telah mendorong beberapa orang untuk mengatakan bahwa China membiarkan mata uangnya terdepresiasi, baik secara sengaja atau bersamaan dengan kekuatan pasar, karena perang dagang dengan AS menyentuh ekonominya.

"Cina pada dasarnya mendevaluasi dengan cara balas dendam terhadap tarif yang dipaksakan AS. Saya pikir itu akhirnya menjadi kontraproduktif," kata Brooks, yang memperkirakan kedua pihak akan berusaha mencari jalan ke depan.

Selama kampanyenya untuk Gedung Putih, Donald Trump mengatakan menyebut China sebagai manipulator mata uang dari hari pertamanya di kantor. Namun retorika itu telah jauh lebih tenang selama kepresidenannya.

Namun, ada tanda-tanda dia sedang menaikkan panas lagi. "Di China, mata uang mereka menurun seperti batu dan mata uang kami naik, dan saya harus memberitahu Anda itu menempatkan kami pada posisi yang kurang menguntungkan," kata Trump bulan lalu.

Tetapi banyak ahli mata uang mengatakan bahwa yuan yang lemah sebenarnya akan berdampak buruk bagi China karena impor sebagian besar bagiannya dari seluruh Asia. Jadi, setiap komponen manufaktur yang dibanderol dengan mata uang non-yuan menjadi lebih mahal dalam hal lokal, meningkatkan biaya memproduksi barang-barang Cina.

Ada juga utang China dalam mata uang dolar, yang akan menjadi lebih memberatkan ketika yuan melemah.

Analis juga mengatakan yuan tidak undervalued di lingkungan global saat ini, itu hanya melemah seiring pelunakan data ekonomi dari ekonomi terbesar kedua di dunia.

Tarif AS senilai US$34 miliar barang China mulai berlaku bulan lalu. Awal bulan ini, administrasi Trump mengusulkan menaikkan tarif hingga 25 persen pada barang-barang Cina senilai US$200 miliar.

Pembicaraan perdagangan mendatang kemungkinan akan fokus pada bagaimana China dapat mengelola mata uangnya untuk mendapatkan bantuan dari tarif AS.

"Banyak di sini akan berpusat pada 'China membatalkan beberapa dampak dari putaran tarif awal, sehingga Anda dapat menghargai RMB dan membantu kami keluar,'" kata Brooks. "Jika tidak, AS dapat terus mengancam Beijing dengan tarif yang lebih tinggi, tambahnya.

Di bawah Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional David Malpass, yang memimpin pembicaraan perdagangan mendatang, kemungkinan akan memperingatkan China terhadap depresiasi lebih lanjut dari yuan, kata konsultan risiko politik Eurasia Group dalam catatan pada hari Jumat.

Tetapi Beijing akan menekankan "bahwa China tidak berusaha untuk melemahkan mata uang tetapi membiarkan nilai tukar untuk merespon tekanan perang perdagangan, ekonomi domestik yang melambat, dan pelonggaran moneter," tulis analis Eurasia.

"Risiko potensial adalah bahwa AS bersikeras bahwa China memaksa yuan untuk menghargai kembali ke tertinggi baru-baru ini (RMB telah melemah sebesar 9% sejak akhir April, sebagian karena dolar AS yang lebih kuat secara luas). Beijing kemungkinan akan mengabaikan tuntutan seperti itu. tidak bisa dijalankan dalam menghadapi tekanan pasar," kata laporan Eurasia.

Meskipun demikian, datang ke kompromi macam selama pembicaraan akan membantu Cina karena yuan yang melemah datang dengan masalah tersendiri.

"China pada dasarnya adalah negara dengan kelas menengah kaya dan kaya; memiliki aset. Karena nilai tukar bilateral RMB mencapai 7, saya pikir pelarian modal akan menjadi masalah," kata Brooks, mengacu pada bagaimana investor akan menarik uang mereka keluar dari negara jika yuan menjadi terlalu lemah.

Pada paruh kedua tahun 2015, pemerintah China menyetrum pasar dengan mendevaluasi mata uangnya. Itu mendorong investor untuk memindahkan uang mereka di tempat lain karena kekhawatiran atas kesehatan ekonomi Cina, lebih menekan yuan. Beijing telah mencoba membalikkan kerusakan itu.

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2vW2iHb

No comments:

Post a Comment