Pages

Saturday, August 18, 2018

Kebakaran, Pendaki Gunung Butak Dievakuasi

INILAHCOM, Jakarta - Kasi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Khoirul Rohim mengatakan sekitar 200 pendaki yang berada di kawasan Gunung Butak dan Gunung Panderman Kota Batu berhasil dievakuasi saat terjadi kebakaran.

"Pukul 16.30 WIB seluruh pendaki sekitar 200 orang berhasil dievakuasi ke base camp Gunung Panderman. Pendakian menuju Gunung Butak itu melalui Gunung Panderman. Untuk itu, demi keselamatan semua pendaki diimbau turun," kata Rohim.

Hingga saat ini pemadaman masih dilakukan secara manual. Ada empat titik yang diketahui masih dilalap api. Kebakaran diperkirakan melahap lahan seluas 4 hektare.

"Api sebagian besar sudah padam, untuk daerah tebing Gunung Butak masih belum dapat dilakukan pemadaman mengingat medan yang tidak memungkinkan," ujarnya.

Tim yang diterjunkan untuk pemadan terdiri dari BPBD, Perhutan, LMDH, TRC, dan warga setempat. Pendakian menuju Gunung Butak sendiri melalui Gunung Panderman.

Untuk itu, demi keselamatan, seluruh pendaki diimbau turun dan dilarang nekat mendaki. "Berdasarkan hasil koordinasi tim di lapangan, pendakian resmi ditutup sampai batas waktu tidak ditentukan. Seluruh pendaki berhasil dievakuasi, dan beruntung tidak ada korban jiwa," tandasnya. [berita jatim]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2vTGhbW

No comments:

Post a Comment