Pages

Saturday, August 18, 2018

Kebakaran, Empat Hektare Gunung Butak Dilalap Api

INILAHCOM, Jakarta - Kebakaran dilaporkan terjadi di Gunung Butak, Kota Batu, Sabtu (18/8/2018) dini hari sekitar pukul 00.05 WIB.

Hingga pukul 19.30 WIB api masih belum bisa dipadamkan sepenuhnya. Kasi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Khoirul Rohim, mengatakan api membakar sekitar 4 hektare lahan di Gunung Butak.

"Pantauan di lapangan ada 4 titik kebakaran sekitar 4 hektare lahan yang terbakar. Sampai saat ini masih belum bisa diindetifikasi penyebab kebakaran," kata Rohim, Sabtu (18/8/2018).

Pemadaman dilakukan oleh BPBD, Perhutani, dan Tim Reaksi Cepat Kota Batu. Sejauh ini pemadaman masih dilakukan secara manual, dengan menggunakan sabit dan cangkul.

"Dipadamkan dengan manual menggunakan cangkul, sabit, gepyok dan membuat sekat bakar juga. Saat ini tim fokus pemadaman karena api belum berhasil dipadamkan," ujar Rohim.

Ia menambahkan, saat ini tim sedang melokalisir area kebakaran, untuk mengukur lebih pasti wilayah yang dilalap si jago merah. Sedangkan untuk pendakian ke Gunung Panderman dan Gunung Butak resmi ditutup.

"Pendaki yang akan naik ditahan di pos bawah. Mereka dilarang naik ke atas sebelum situasi betul-betul aman. Jadi, pendakian ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan," tandasnya. [berita jatim]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Bi913r

No comments:

Post a Comment