Pages

Tuesday, August 21, 2018

Wiranto Harap Tak Ada Asap Selama Asian Games

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Polhukam, Wiranto berharap tidak ada asap kebakaran hutan dan lahan di Palembang, Sumatra Selatan sampai perhelatan olahraga Asian Games 2018 selesai. Sebab, jelang pembukaan Asian Games kemarin sempat ada asap.

"Kemarin kan ada jaminan Palembang bebas asap selama Asian Games, kan kita sudah laksanakan, sudah berhasil. Mudah-mudahan tidak ada asap sampai selesai," kata Wiranto di Kompleks Kepresidenan, Selasa (21/8/2018).

Menurut dia, pemerintah sudah melakukan rekayasa cuaca di Palembang tapi untungnya hujan sehingga lebih cepat. Pasalnya, rekayasa dari BNPB kerja sama dengan TNI Angkatan Udara bisa.

"Tapi enggak sehari-hari bisa terbang buat garam ditaburkan, itu kalau ada awan. Kalau tidak ada awan apa-apa, ditaburin garam juga enggak hujan. Kalau sudah ada penumpukan awan, tabur garam, itu ada akselerasi prosesi air. Tapi percayalah, kita menanggulangi dengan baik," tandasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sempat menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada lahan gambut di beberapa titik Sumatra dan Kalimantan.

Antara lain Riau di Dusun Mulia Desa Sungai Segajah Makmur, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir serta di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu.

Kemudian, Sumatera Selatan di lahan gambut seluas 1,5 hektare, Desa Talang Pangeran Ilir, Kecamatan Pemulutan Barat Ogan Ilir, Kamis (26/7). Lalu, di Jambi seperti Desa Sungai Sayang, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang berbatasan dengan Taman Nasional Berbak. [ton]

Let's block ads! (Why?)

from Inilah.com - Terkini kalo berita gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2wfz4Tc

No comments:

Post a Comment